Menu Close

Kala SBY Mulai Turun Gunung Jelang Pemilu 2024

Ketua Dewan Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower di Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu malam (6/5/2022).

Dari beredarnya foto SBY bersama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Sementara itu, Surya Paloh didampingi Sekjen NasDem Johnny G Plate dan Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappilu) Prananda Surya Paloh.

Dinamika ini cukup menarik menjelang pemilihan umum 2024. Apalagi, ini merupakan kali pertama SBY turun gunung menemui seorang tokoh politik, setelah itu ia memiliki sejarah politik yang panjang. Presiden ke-6 Republik Indonesia itu belakangan ini mengisi waktunya dengan melukis.

Pertemuan SBY dan Surya Paloh itu dibenarkan Ketua DPP NasDem Willy Aditya. Pertemuan di markas NasDem berlangsung lebih dari dua jam.

Kejadiannya tadi malam dari pukul 19.00 hingga 21.30 WIB,” Willy saat dikonfirmasi, Senin (6/6/2022).

Banyak hal yang dibicarakan antara rombongan SBY dengan Surya Paloh, termasuk soal Pilkada 2024. Silahturahmi bicara, makan malam, bicara kebangsaan, ya kalau bicara Pilkada 2024 juga akan “Disk.

Anggota Komite XI DPR ini mengatakan, komunikasi antara petinggi NasDem dan Demokrat tidak hanya akan berakhir pada sidang tadi malam. Kemungkinan akan ada pertemuan lanjutan untuk membahas koalisi politik.

Ini baru pertemuan pertama. Tidak tertutup kemungkinan pertemuan selanjutnya akan ada pembicaraan (koalisi), sekarang masih bersahabat,” kata Willy Aditya.

Nostalgia Pilpres 2024

Hal senada disampaikan Sekjen Partai NasDem Jhonny G Plate. Ia mengatakan pertemuan antara SBY dan Surya Paloh merupakan reuni dua sahabat lama yang sangat tertutup.

“Ketika mereka bertemu, keduanya saling menyapa dengan hangat untuk kondisi kesehatan masing-masing, yang masih sangat baik dan diberkati. Banyak candaan sebagai wujud kedekatan pribadi, seperti kebersamaan sebelum dan saat pemilihan presiden 2004, dengan pengalaman sukses dan sukses yang menarik namun berbeda pada Senin (6,6ä Plate beungi, 22 deragte.

Platte mengatakan keduanya membahas persiapan pemilihan umum 2024 menjelang pandemi Covid-19.

Pertukaran pandangan dan kajian tentang perkembangan situasi politik nasional, khususnya menjelang Pilleg 2024, pemilihan presiden dan Pilkada serentak, yang akan dikelola dengan penuh tanggung jawab.

Menurut Plate, SBY tidak hanya membahas politik, tetapi juga seni dan lukisan di NasDem Tower.

Pak SBY, sebagai orang yang memiliki bakat seni, mengomentari beberapa lukisan dan patung pahlawan nasional yang dipamerkan di kantor NasDem. Sebagai pembawa acara, Bang Surya menyambut baik, mendengarkan pandangan dan sesekali menyela lelucon segar untuk mempererat suasana,” jelasnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengatakan pertemuan SBY-Paloh sangat dekat, mencerminkan kesopanan dalam politik.

Pertemuan tokoh-tokoh nasional dan pemimpin politik yang dapat diselenggarakan dalam suasana bersahabat merupakan salah satu bentuk kesantunan budaya politik Indonesia. Sangat baik bagi demokrasi ketika para pemimpin politik dapat menjalin komunikasi yang erat satu sama lain. Itu hal yang baik sebagai contoh bagi politisi dan kader politik bangsa,” kata Plate.

Tanggapan atas kunjungan Paloh ke AS

Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan pertemuan di NasDem Tower itu merupakan kunjungan balasan dari Surya Paloh yang pernah menjenguk SBY saat dirawat di Amerika Serikat (AS).

Kunjungan ini dilakukan oleh Bapak SBY dan Ketum PD AHY untuk membalas kunjungan dan silaturahim yang dilakukan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Amerika Serikat, ketika Herrhelet menjalani tahun Klinik SBY,” kata Herzaky, demikian dikonfirmasi di Senin (6/06/2022).

Perhatian dan dukungan Pak Surya Paloh saat itu tentu sangat diapresiasi Pak SBY,” imbuhnya.

Herzaky mengatakan pertemuan dua tokoh politik bangsa ini merupakan sinyal baik dan contoh demokrasi.

“Silaturahmi dan kunjungan balasan ini, merupakan adab politik yang sangat baik dari Bapak SBY dan Ketum AHY, sebagai teladan bagi kita semua. Mari kita doakan, agar Bapak SBY, Ketum AHY, dan Pak Surya Paloh, selalu dalam keadaan sehat, dan terus memberikan kontribusi terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara ini,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.